Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, February 16, 2003

Khasiat Jagung Muda

Oleh Muhtadi Puradinata, Dipl. Ing.
(Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan-STIKES Cirebon)

ADA anggapan sebagian masyarakat bahwa jagung sebagai makanan rakyat kecil hanya bermanfaat sebagai pengganjal perut atau sebagai pengganti beras (bila harga beras mahal/tidak terjangkau atau di musim paceklik). Padahal sebenarnya, jagung adalah makanan sehat dan berkhasiat bagi manusia, hewan ternak, ayam, burung, dan lainnya.
Apa khasiatnya? Di kalangan pengobatan tradisional, tercatat sebuah resep untuk mengobati luka-luka bekas di kulit tubuh penderita yang ditinggalkan/akibat penyakit morbili atau campak/tampek.
Berdasarkan pengamatan, ternyata luka bekas di kulit itu bisa menjadi mulus kembali atau tidak membekas setelah diobati dengan air pati dari jagung muda.
Untuk mendapatkan sari pati jagung muda, caranya sama seperti cara mendapatkan air santan/pati kelapa, yaitu jagung muda yang biasanya sering disayur itu diparut halus lalu diperas.
Saripati inilah yang dipakai untuk mengobati bekas luka dengan cara mengolesi kulit bekas luka tersebut.
Dari sumber yang menguak disebutkan khasiat tongkol jagung dalam pengobatan tradisional. Direktorat Pengawasan Obat Tradisonal menguatkan pendapat itu. Bahwa tongkol jagung dapat menyembuhkan sakit ginjal. Herminia de Guzman Ladion, pakar kesehatan Filipina dan penyusun buku ”Air Penyembuh Ajaib” sekaligus seorang Kepala Physical Therapy Department Manila Santitarium and Hospital mengungkapkan, tongkol jagung berkhasiat untuk penyembuhan cystitis akut dan kronik peradangan kantong kemih.
Uji klinis khasiat tongkol jagung telah dilakukan para peneliti dari Chinese Medicinal Material Research Centre, The Chinese University of Hongkong yang membuktikan bahwa rambut jagung mujarab untuk memperlancar keluarnya air seni dan penurunan tekanan darah tinggi.
Cara mendapatkan ramuan untuk melancarkan keluarnya air seni yaitu, rebuslah 50 gr rambut jagung dalam 50 cc air untuk diminum 2 kali sehari. Selain itu, Herminia de Guzman Ladion memberikan ramuan untuk penyakit cytitis akut dan kronik peradangan kandung kemih. Caranya, rebuslah 2 mangkuk rambut jagung muda yang segar dan dirajang dalam 4 gelas air selama 15 menit. Air rebusan tersebut diminum 3 x 1 gelas sehari.
Adanya pembuktian secara ilmiah tentang khasiat tongkol jagung menambah khazanah obat tradisional dari tingkat empirik praktis ke arah ilmiah objektif. Penggunaannya merupakan wahana pelayanan kesehatan masyarakat sehari-hari dan bersifat preventif maupun kuratif. Hal ini sesuai dengan program ”health for all” yang dicanangkan oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia).
Sebuah tongkol jagung muda ataupun tua terdiri atas komponen daun luar, rambut jagung, biji, dan tongkolnya. Masyarakat umumnya sudah mengonsumsi jagung, baik dalam bentuk jagung tua (jagung bakar, rebus) maupun jagung muda (sayur) termasuk sweet corn.(Sumber: Pikiran Rakyat)***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home