Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, February 02, 2003

Bawang Merah dan Manfaatnya

Oleh Bahagiarini

BAWANG merah tentunya sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita karena bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur utama yang sering dipakai oleh ibu-ibu dalam setiap masakan.

BAWANG merah selain menyedapkan masakan juga memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, tidaklah heran apabila bawang merah hampir banyak dikonsumsi orang sehingga harganya tiap waktu semakin beranjak mahal.
Tanpa disadari, ternyata bawang merah dan bawang putih adalah dua sumber tumbuhan yang memang ada disebutkan dalam Alquran, yaitu dalam surat Albaqarah ayat 61: ”Dan ingatlah ketika kamu berkata: Wahai Musa, kami tidak dapat sabar dengan satu macam makanan saja. Karena itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu agar Dia mengeluarkan bagi kami sebagian dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu dari sayur-mayurnya, mentimunnya, bawang putihnya, kacangnya dan bawang merahnya”. Dari ayat di atas jelas bahwa bawang merah merupakan karunia Allah yang menjadi keinginan dan kesukaan manusia.
Kita sering mengalami rasa perih di mata apabila sedang mengiris bawang merah. Hal ini disebabkan karena bawang merah mengandung zat yang disebut alliinase, sejenis zat yang memicu munculnya faktor prophantial S-oxide atau lachynatory, pembuat rasa perih pada mata. Zat ini diketahui melalui penelitian yang dilakukan oleh Dr. Shinusuke Imai dari ”House Food Corporation”, Ciba-Jepang.
Dengan ditemukannya zat ini, maka tim dari Jepang tersebut bisa menemukan bahan kimia yang bisa mengantisipasinya tanpa mengubah rasa khas bawang tersebut dengan cara menurunkan regulasi kegiatan enzim sintase. Zat penyebab rasa perih ini kalau terlalu sering mengenai mata, maka jumlah cairan mata akan berkurang.
Bawang merah selain mengandung alliinase juga mengandung zat lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bawang merah kaya dengan berbagai vitamin, termasuk vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), dan C (ascorbic acid).
Dalam bidang pengobatan, bawang merah berperan sebagai bahan antiseptik, khususnya dalam menyembuhkan sakit, seperti apabila terdapat kulit yang melepuh akibat terbakar.
Selain itu, bawang merah juga berguna untuk mengurangi hipertensi, kandungan gula yang tinggi dalam darah, serta kolesterol, dan kandungan lemak dalam darah.
Bila dimasak dengan cuka, bawang merah berguna untuk sakit jantung dan bengkak. Air perasannya bisa digunakan untuk mengolesi penyakit kulit seperti bisul dan gigitan serangga. Bawang merah yang telah dibakar dan ditumbuk dapat mengobati telinga yang bernanah. ()***

1 Comments:

At 6:03 PM, Blogger oguzquay said...

Slots for free - Dr.MCD
You are playing on a real casino computer. Try for free. The Slots 김제 출장마사지 App is an addictive experience that has 제주 출장샵 some All you 여주 출장안마 need is a slot 동해 출장안마 machine to play on an 아산 출장샵 iPhone, iPad,

 

Post a Comment

<< Home