Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, September 08, 2002

Tips Melatih Otak agar Lebih Tajam

Oleh Man
Dimuat di Pikiran Rakyat, 8 September 2002

OTAK yang makin tajam tentunya diinginkan oleh setiap orang, seperti juga keinginan memiliki badan yang tetap ataupun makin sehat. Biasanya, agar tubuh tetap sehat salah satunya adalah melalui latihan gerak badan atau olah raga. Sedangkan agar otak makin tajam diperlukan juga latihan, dalam hal ini latihan gerak otak.
Kalangan dari Australia —seperti dikutip dari majalah Woman’s Day memberi 10 tips latihan agar otak anda makin tajam, yang di antaranya tak membiarkan otak diam tak bekerja. Misalnya, daripada diam bengong, lebih baik mengisi teka-teki silang (TTS).
Adapun kesepuluh tips tersebut adalah:
- Tarik napas selama 10 detik. Itu akan membuat otak dibanjiri oksigen, membantu Anda berpikir lebih cepat.
- Mengisi teka-teki silang (crosswords).
- Olah raga. Melalui olah raga, kimiawi perasaan-baik, endorphins, makin terpacu keluar, yang dapat membuat kepala kita tak penat (clearer head).
- Nonton sebuah film lewat televisi tanpa dibunyikan dan pahami apa yang dikatakan oleh para tokoh dalam film tersebut.
- Berlomba dengan teman untuk melihat siapa yang dapat mengingat paling banyak suatu katagori dari acara tersebut. Misalnya, berapa banyak bintang film wanita yang dapat Anda sebutkan dalam 60 detik?
- Biarkan pikiran Anda berkelana sebelum tidur. Gali peristiwa satu tahun dan ingat peristiwa-peristiwa tersebut sebanyak mungkin.
- Belajar membaca terbalik (upside down). Peneliti menemukan melakukan kegiatan normal dengan cara aneh, seperti membaca terbalik, akan membuat pikiran Anda makin tajam.
- Longgarkan pikiran secara kreatif. Pikirkan dua benda yang tak ada kaitannya, katakanlah kuku dan telur dan sangkut pautkan objek itu sebanyak dan sebisa mungkin.
- Berpikir akan gambar. Lihat sebuah benda dalam ruangan dan bayangkan melihat itu dari setiap sudut-pandang. Lalu gores sudut pandang-sudut pandang itu ke dalam gambar.
- Duduk tenang, tutup mata, dan dengar hanya satu suara. Suara itu mungkin saja bunyi derap langkah kaki yang lewat atau kokok ayam. Jangan hirau pada suara-suara yang lain. Itu akan menambah konsentrasi dan membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas yang rumit lebih cepat. ***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home