Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, January 12, 2003

Berbagai Jenis Sisir dan Kegunaannya

Oleh Syae

KALAU Anda ingin bepergian, apa yang tidak akan dilupakan dalam genggaman tangan Anda? Sisir bisa jadi jawabannya. Barang yang tergolong vital ini, senantiasa menjadi teman akrab, tidak saja bagi wanita, tetapi juga bagi kaum pria.
Sejak dulu hingga kini, rasanya sisir belum berubah fungsi. Sebagai alat untuk merapikan rambut sehingga wajah terlihat elok. Saat ini beragam bentuk dan warna sisir terlihat di berbagai toko, dari sisir yang kecil sampai sisir yang besar, dari yang bergerigi kasar sampai yang rapat dan dari yang warnanya merah muda sampai hitam kelam.
Tampaknya sekarang, orang mulai selektif dengan pemilikan rambutnya. Mereka lebih bebas dalam memilih sisir yang disesuaikan dengan jenis rambut dan tujuannya, makanya jangan heran kalau kita melihat seorang wanita, bisa memiliki banyak sisir dengan jenis dan model yang berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenal berbagai jenis sisir dengan beragam kegunaannya.

1. Sisir dengan gerigi jarang dan besar. Sisir ini cocok digunakan untuk rambut kering karena rambut kering memiliki daya lengkung dan cenderung mudah rontok jika tidak hati-hati menyisirnya.

2. Sisir ramping dengan ujung lancip. Sisir ini cocok digunakan untuk membuat jalinan kepang rambut atau membuat belahan pada saat kita sedang memotong rambut.

3. Sisir multiguna. Sisir ini digunakan untuk rambut lurus atau juga baik dipakai untuk mengatur rambut lurus ketika akan dipotong.

4. Sisir sikat radial (ukuran kecil), baik digunakan untuk mem-blow atau mengeriting rambut.

5. Sisir sikat radial (ukuran sedang), baik digunakan untuk mengeringkan rambut dengan jenis keriting sesudah keramas.

6. Sisir sikat beradial (ukuran besar). Cocok dipakai untuk menyisir rambut ikal atau bergelombang besar.

7. Sisir dengan bantal karet dari plastik. Cocok digunakan untuk mengeringkan rambut yang akan diluruskan.

Membersihkan rambut
Keramas, sampai saat ini masih merupakan cara untuk membersihkan rambut dan memelihara rambut agar rambut tetap segar. Membersihkan rambut sebaiknya dilakukan selama 2-3 kali seminggu dengan jenis sampo yang sesuai dengan jenis rambut.
Setelah keramas, orang biasanya sering mengeringkannya dengan menggosok-gosokkan rambutnya oleh handuk. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan karena akan menyebabkan kerontokan rambut.
Biarkanlah rambut kering secara alamiah jika mungkin, tetapi jika terpaksa menggunakan hair dryer (pengering rambut), maka usahakanlah menggunakan alat tersebut dengan panas yang sedang dan dalam jarak tidak lebih dari 18 cm dari rambut. (Sumber: Pikiran Rakyat)***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home