Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, December 29, 2002

Ingin Tampil Modis, Jangan Terjebak Mode

Oleh Johnny Irwan

KALAU kita jalan-jalan di pusat-pusat keramaian seperti mall, kita akan menjumpai anak baru gede (ABG) -- terutama perempuannya -- juga mereka yang sudah termasuk dewasa bahkan punya anak, mengenakan busana mengikuti tren mode yang lagi "in". Namun, apakah yang dipakainya itu sudah pas atau sesuai dengan dirinya? Jangan-jangan sudah menjadi korban mode, hanya karena ingin tampil gaya seperti layaknya para selebriti atau public figure yang sering kita saksikan di layar-layar televisi.
Ingat, yang dipakai para selebriti maupun public figure, belum tentu pas untuk Anda, baik itu busana, sepatu, perhiasan (aksesori) ataupun potongan rambut, termasuk tata rias wajah (make-up). Coba Anda perhatikan, apakah diri Anda layak berpakaian dan berhias seperti itu? Anda jangan sampai terjebak oleh tren mode yang sedang "in". Memang tidak ada larangan dan sah-sah saja Anda mengikuti tren mode, tapi yang penting diperhatikan adalah cocok tidaknya bagi diri Anda.
Jadi, Anda jangan sampai terjebak dan menjadi korban mode. Untuk apa membeli busana dan juga perlengkapan lainnya yang serbamahal bila apa yang Anda pakai menjadikan diri Anda norak. Belilah pakaian yang sesuai, tapi modis dan tidak ketinggalan zaman. Nah di bawah ini, ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang ingin tampil modis:

1. Pilihlah busana atau pakaian berwarna netral seperti putih, biru, coklat, hitam, atau krem, karena warna-warna tersebut dengan mudah bisa dipadu-padankan warnanya dengan aksesori lainnya. Tidak perlu busana yang bermerek terkenal di dunia karena hasil karya perancang kita juga tidak kalah dengan desainer luar negeri. Yang terpenting, apa yang Anda beli dan pakai itu pas dan serasi untuk Anda, jangan hanya mengikuti tren yang sedang "in".

2. Usahakan apa yang Anda pakai itu tidak lebih dari dua item. Jangan hanya melihat selebriti memakai beberapa item, lalu Anda ikut-ikutan memakainya hanya karena ingin tampil gaya, layaknya seorang selebriti. Ingat, apa yang dipakai selebriti belum tentu cocok untuk Anda.

3. Kalau Anda bukan seorang selebriti atau public figure dan Anda memang suka mengoleksi busana, tahan nafsu untuk membeli busana dalam jumlah banyak. Sebaiknya, tidak lebih dari dua item setiap bulannya. Yang terpenting sesuaikan dengan keuangan yang Anda miliki. Kalau tidak memungkinkan, jangan sampai memaksakan keinginan, lalu ngutang sana-sini.

4. Busana yang sudah ada dan sudah Anda miliki, cobalah dipadu-padankan. Di sinilah diperlukan daya kreativitas Anda untuk bisa memadu-padankannya. Warna hitam paling netral, selain memberi kesan mahal juga mudah dipadu-padankan dengan beberapa item yang akan memberi kesan wah dan tidak ketinggalan zaman.

Apa yang akan Anda beli atau miliki berikut perlengkapannya harus modis, menarik, dan enak dipakainya. Jadi, belilah busana dan aksesori yang benar-benar sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan demikian, penampilan Anda tetap terjaga dan terhindar dari ketertinggalan zaman. (Sumber: Pikiran Rakyat)***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home