Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, December 29, 2002

Beberapa Petunjuk tentang Kaki

Oleh Man

KAKI kita merupakan salah satu bagian tubuh yang tentu saja sangat berguna sebagaimana anggota tubuh lainnya. Sekalipun kaki hanya mengalami luka kecil seperti lecet, kegiatan sehari-hari kita akan terganggu. Oleh karena itu, makin mengetahui kaki, jauh lebih baik dibanding tidak mengetahuinya sama sekali. Di sini ada beberapa hal tentang kaki yang mungkin cukup menarik untuk diketahui.
1. Makan makanan pedas sering menyebabkan bau kaki. Solusinya, kurangi makanan pedas dan minum banyak air.
2. Kaki melakukan perjalanan rata-rata 115.000 km sepanjang hidup.
3. Pada kaki terdapat 250.000 kelenjar keringat yang menghasilkan hampir satu cangkir lembab setiap hari.
4. Sekira satu perempat dari tulang tubuh kita terdapat pada kaki.
5. Konsisten mengenakan sepatu tumit tinggi merupakan salah satu kunci masalah penyakit kaki perempuan.
6. Sekira 70% lebih dari masyarakat akan mengalami sakit kaki pada tempat yang sama dalam kehidupan mereka.
7. Saat usia Anda bertambah, kuku kaki makin keras dan makin tebal.
8. Saat Anda berdiri tegak, 50% dari berat Anda berada pada tumit, 25% pada dasar empu kaki, dan 25% menyebar sekitar bola kaki Anda.
9. Kaki anak-anak berusia 16 hingga 25 bulan tumbuh rata-rata setengah ukuran sepatu mereka setiap tiga bulan dan yang berusia 25-36 bulan tumbuh rata-rata setengah ukuran sepatu mereka setiap empat hingga enam bulan. Dengan demikian, sering mengecek sepatu mereka adalah hal baik agar kaki mereka dibungkus oleh ukuran sepatu yang tepat.
10. Saat kaki digunakan untuk sepak bola selama dua jam, membakar energi tubuh 3.129 kilojoules, sedangkan apabila kaki dipergunakan hanya untuk menonton sepak bola, itu akan membakar energi tubuh 840 kilojoules (kJs). Naik tangga selama lima menit membakar 42 kJs, sedangkan naik lift 10,5 kJs. Bagi yang lagi diet, naik tangga lebih baik daripada naik lift. (Sumber: Pikiran Rakyat/Woman's Day)***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home