Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, January 12, 2003

Beberapa Tips untuk Para Ibu

Oleh Siti Mardiah

DALAM kehidupan sehari-hari, banyak hal yang dapat dijadikan pengalaman untuk kemudian berbagi dengan orang lain. Di bawah ini beberapa tips yang mungkin dapat bermanfaat bagi para ibu rumah tangga.

1. Nasi agar tidak cepat kuning dan bau.
Penggunaan magic jar atau magic com telah umum di kalangan ibu-ibu karena memang manfaatnya yang telah dirasakan. Alat ini sangat meringankan ibu-ibu dalam menyiapkan nasi, terutama yang membutuhkan jangka waktu singkat.
Problem baru yang muncul dari penggunaan magic jar maupun magic com ini adalah nasi yang kuning dan bau sehingga tidak aneh lagi banyak nasi yang terbuang mubazir. Untuk menghindari hal seperti itu sangatlah mudah untuk mengatasinya, yaitu ketika proses pemasakan nasi, gunakanlah jeruk nipis, caranya:
a. Masukkan perasan air jeruk nipis pada saat nasi dikarih, sebelum nasi dikukus, ketika airnya mendidih.
b. Apabila memasak dengan magic com, masukkan perasan air jeruk nipis bersamaan dengan beras sebelum proses memasak dimulai. Takaran yang diperlukan adalah 1 liter beras cukup dengan 1/2 butir jeruk nipis yang sedang besarnya, insya Allah nasi tidak akan cepat kuning dan bau.

2. Lalab daun pepaya agar tidak pahit.
Agar lalab daun pepaya tidak pahit atau berkurang pahitnya maka dapat ditambahkan daun jambu batu ketika daun pepaya sedang direbus. Perbandingan antara daun jambu batu dengan daun pepaya dapat diatur sesuai selera. Apabila ingin tidak pahit sama sekali, buatlah perbandingan yang hampir seimbang antara daun pepaya dengan daun jambu batunya. Apabila masih diinginkan rasa pahitnya, jangan terlalu banyak menggunakan daun jambu batunya. Setelah daun pepaya matang, tentu saja daun jambu batunya dibuang.

3. Arang untuk mengurangi alergi.
Apabila Anda mempunyai penyakit alergi bila memakan sesuatu, dapat memanfaatkan tips ini. Misalnya alergi bila memakan daging ayam maka ketika memasaknya, masukkanlah arang hitam yang telah dicuci bersih ke dalam wajan atau panci tempat yang digunakan memasak, ketika masakan itu sedang mendidih. Biarkanlah arang itu sampai bahan masakan benar-benar masak. Ketika masakannya telah matang, arangnya tentu saja kita buang. Agar tidak mengubah warna masakan, sebaiknya gunakan arang hitam yang keras.
Demikianlah beberapa tips yang sangat mudah ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.(Sumber: Pikiran Rakyat)***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home