Kliping Pengetahuan Umum

Weblog berisi kliping artikel pengetahuan umum yang bermanfaat. Seperti Kesehatan, Makanan, Pendidikan Anak, Pengobatan, Psikologi Populer, Hobi dan lain-lain.

Sunday, June 30, 2002

Pentingnya Pemeliharaan Kaki

Oleh Syae
Dimuat di Pikiran Rakyat, 30 Juni 2002

ANGGOTA tubuh yang satu ini sangat banyak manfaatnya. Setiap hari kita berjalan, berdiri, melompat, bahkan duduk pun bertumpu pada kaki. Anehnya, jarang sekali si empunya memperhatikannya. Perhatian baru ditujukan bila kaki terasa sakit. Padahal, kaki yang tidak terawat, sedikit banyak menunjukkan ”siapa” pemiliknya. Nah, agar Anda dapat tersenyum lega saat melepaskan sepatu, perhatikan beberapa saran di bawah ini.
”Struktur dan fisiologi kaki sangatlah mengagumkan. Hal ini sangat diakui tidak hanya oleh para dokter tetapi juga para ahli teknik,” begitu pendapat yang dikutip oleh ”Prevention”. Kaki terdiri 26 tulang 56 ligamen (jaringan ikat/penguat bursa sendi) dan 38 otot yang saling menunjang satu dengan yang lainnya. Luar biasa! Dengan berlalunya sang waktu, saat Anda mencapai usia 35 tahun, kaki telah membwa diri Anda sampai sejauh sedikitnya 27.945 km. Jadi, bukan suatu hal yang aneh bila kaki yang telah menopang tubuh Anda selama bertahun-tahun mengalami begitu banyak problem seperti, pengerasan kulit (corns), kutil, pembengkakan pada ibu jari yang dapat menjadi radang (bunions), kuku tumbuh ke dalam (ingrown nails) serta infeksi jamur.
Kaki merupakan bagian tubuh yang terjauh dari jantung. Tak heran bila pada kaki kurang terjadi sirkulasi darah (berkurangnya sirkuasi darah pada kaki umumnya seiring dengan peningkatan usia). Akibatnya, problem pada kaki yang sering sukar disembuhkan.
Penderita diabetes biasanya cenderung mengalami masalah sirkulasi darah yang mengakibatkan kaki terasa lelah, mati rasa (numbness), perih, demam atau kram pada malam hari.

Perawatan dini
Berbagai problem kaki dapat dicegah melalui perawatan dini kaki yang teratur. Memakai sepatu yang tidak pas atau bertumit tinggi adalah salah satu yang menjadi pemicu timbulnya problem kaki. Perhatikanlah hal-hal berikut bila Anda hendak membeli sepatu:
1. Belilah sepatu sore hari, saat kaki sudah melakukan berbagai aktivitas. Pada pagi hari kaki cenderung lebih kecil dan akan membesar sedikit menjelang sore; 2. Ukurlah kesesuaian kaki dengan sepatu sambil berdiri, kemudian berjalanlah dengan menggunakan sepatu tersebut, sehingga Anda dapat merasakan pas tidaknya sepatu pada kaki; 3. Dalam aktivitas sehari-hari janganlah selalu menggunakan sepatu bertumit tinggi ataupun bagian depan sepatu yang terlalu lancip. Bila keadaan memungkinkan berjalanlah tanpa alas kaki. Keadaan ini akan membantu pernafasan kaki. Ketika hendak berolahraga, pilihlah sepatu khusus untuk berolahraga. Sepatu jenis ini, permukaan alasnya lembut sebagaimana layaknya kita menginjak pasir, rumput atau tanah.

Infeksi jamur pada kaki
Keadaan ini biasa disebut tinea. Tinea sering terjadi pada jari-jari kaki. Pada area tersebut lingkungannya lembab sehingga memudahkan tumbuh jamur.
Apabila kaki Anda menderita tinea, usahakan selalu ada udara yang dapat masuk ke kaki (memakai sepatu model terbuka/sepatu sandal). Apabila memungkinkan berjalanlah tanpa alas kaki, tentu saja bukan di tempat-tempat umum karena infeksi ini mudah menular ke orang lain. Bila harus memakai sepatu, pilihlah sepatu dari kulit dan gunakan kaos kaki dari katun.
Keringkan kaki segera setelah mandi atau cuci kaki. Ada dua cara untuk mengobati infeksi jamur pada kaki yaitu dengan minyak pohon teh dan bawang putih. Usaplah area kaki yang terinfeksi jamur dengan campuran minyak pohon teh. Bisa juga mengompresnya dengan kapas yang dicelupkan ke dalam cairan ekstrak bawang putih (misalnya, kyolic liquid garlic).

Kalus dan pengerasan kulit
Kalus pada kaki biasanya timbul akibat pemakaian sepatu yang terlalu sempit. Akibatnya, kaki berupaya untuk melindungi diri dengan penebalan kulit dan akhirnya kulit itu mati. Pengerasan kulit hampir sama dengan kalus, hanya saja lebih ke dalam, sehingga menimbulkan rasa sakit. Kalus dan pengerasan kulit biasanya juga dialami wanita yang sering menggunakan sepatu bertumit tinggi. Tinggi tumit sepatu membuat jari-jari kaki lebih tertekan ke bagian depan sepatu, sehingga timbullah kalus dan pengerasan kulit pada jari-jari kaki.

Pembengkakan dan pembekuan kaki
Jenis gangguan kaki yang ini umumnya menimpa mereka yang tinggal di daerah dingin. Untuk menghindari gangguan ini, sebelum bersepatu usaplah kaki dengan bedak dan pakailah kaos kaki.

Kutil
Seperti berbagai jenis kutil lainnya, kutil pada kaki disebabkan oleh virus. Kutil yang banyak ditemui di telapak kaki, dalam bahasa kedokterannya disebut plantar warts atau verucas.
Meskipun kutil ini disebabkan oleh virus yang sama dengan kutil pada bagian tubuh lainnya, kutil ini memiliki bentuk lebih datar dibandingkan kutil lainnya. Hal ini disebabkan tekanan yang ditimbulkan kaki. Karena kutil bersifat menular, maka sedapat mungkin hindarilah berjalan kaki dengan kaki telanjang. Selain itu jangan menggunakan handuk yang sama dengan penderita kutil. Bila kutil mulai tampak pada kaki, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home